TUGAS PENGANTAR BISNIS 1 PERTEMUAN KE 4


TUGAS I
1.   Jelaskan pengertian Manajemen!

Jawab :

Manajemen adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

2.   Sebutkan dan jelaskan fungsi – fungsi Manajemen!

Jawab :

Ada 4 fungsi Manajemen yang utama, yaitu :

·       Perencanaan ( Planning )

Fungsi yang utama dan terpenting dari perencanaan adalah agar sasaran dan tujuan dapat tercapai di masa yang akan datang. Perencanaan sangat diperlukan guna mengidentifikasi peluang masa depan, antisipasi atau menghindari masalah di masa masa depan, serta untuk mengembangkan langkah – langkah strategik.

Perencanaan ada 2 jenis yaitu :

§  Strategis merupakan perencanaan jangka panjang yang berhubungan dengan kelangsungan hidup, maju – mundur, keberadaan serta hasil yang akan dicapai oleh organisasi atau perusahaan tersebut.

§  Taktis merupakan perencanaan jangka pendek yang berkenaan dengan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan seperti membuat anggaran tahunan dan memilih metode.

·       Pengorganisasian ( Organizing )

Perorganisasian merupakan fungsi manajemen yang kegiatannya membagi pekerjaan, mengelompokkan pekerjaan, mendelegasikan wewenang dan mengkoordinasikan aktivitas. Tujuan dari pengorganisasian adalah agar setiap individu dapat mengetahui dengan jelas tugas, kewajiban dan tanggung jawabnya, serta agar terbina hubungan yang baik antar anggota organisasi dan antar organisasi.

·       Pengarahan ( Actuating )

Pengarahan adalah kegiatan untuk mengarahkan agar semua anggota organisasi melaksanakan kegiatannya masing – masing yang telah ditentukan.

Bentuk kegiatan pengarahan :

§  Berkomunikasi dengan semua anggota organisasi.

§  Memberikan pengarahan dan petunjuk.

§  Memberikan kepemimpinan.

§  Memberikan motivasi untuk mendorong para karyawan.

·       Pengendalian ( Controling )

Pengendalian adalah aktivitas untuk menemukan, mengoreksi apakah adanya penyimpangan – penyimpangan dari hasil yang telah dicapai dibandingkan dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Langkah – langkah pengendalian, yaitu:

§  Menetapkan standar dan metode.

§  Mengukur prestasi kerja.

§  Menentukan apakah kerja sesuai standar.

§  Mengambil tindakan koreksi.




3.   Sebutkan keterampilan – keterampilan Manajerial yang ada!

Jawab :

Keterampilan – keterampilan yang dibutuhkan Manajer agar efektif dalam mengelola organisasi atau perusahaan, yaitu :

§  Keterampilan Konseptual.

§  Keterampilan Kemanusian.

§  Keterampilan Administrasi.

§  Keterampilan Teknik.

4.   Sebutkan dan jelaskan bentuk – bentuk organisasi!

Jawab :

Ada 5 bentuk organisasi, yaitu :

·       Organisasi Garis

Organisasi Garis adalah bentuk organisasi dimana terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan paling bawah.  Dimana setiap atasan memiliki sejumlah bawahan dan bawahan bertanggung jawab kepada atasannya dan setiap bawahan hanya bertanggung jawab kepada satu atasan. Bentuk organisasi ini paling banyak dipakai dan sesuai untuk perusahaan kecil karena sederhana dan jelas.

Adapun kebaikan dari bentuk organisasi ini, yaitu :

§  Kesatuan dalam perintah atau pimpinan.

§  Pengambilan keputusan cepat.

§  Solidaritas karyawan tinggi.

§  Sederhana, biaya rendah.

Adapun keburukan dari bentuk organisasi ini, yaitu :

§  Sangat tergantung pada satu orang pimpinan.

§  Pimpinan cenderung otokratis.

§  Karyawan sulit berkembangan.

·       Organisasi Garis dan Staff

Organisasi ini adalah bentuk organisasi yang banyak dipakai oleh perusahaan besar, daerah usahanya luas dan kompleks. Pada prinsipnya bentuk organisasi ini hampir sama dengan bentuk organisasi garis hanya saja disini ditambahkan staff.

Staff adalah satu atau beberapa orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya memberi saran atau nasehat sesuai bidangnya kepada pimpinan perusahaan bila mengalami kesulitan dalam menangani masalah yang terjadi. Staff tidak memiliki hak memerintah bawahan.

Adapun kebaikan dari bentuk organisasi ini, yaitu :

§  Sesuai untuk perusahaan besar.

§  Keputusan lebih rasional dengan adanya staff.

§  Dapat mewujudkan “ The Right Man in the Right Place.”


Adapun keburukan dari bentuk organisasi ini, yaitu :

§  Organisasi rumit dan kompleks.

§  Koordinasi sulit diterapkan.

§  Jumlah karyawan banyak sehingga solidaritas antar karyawan kurang dan tidak saling kenal.





·       Organisasi Fungsional

Organisasi ini adalah bentuk organisasi yang terbagi ke berbagai bidang sesuai dengan fungsinya, seperti misalnya: Pemasaran, Produksi, Personalia dan Keuangan. Wewenang  dan tanggung jawab melekat terhadap proses atau fungsi masing – masing sehingga setiap anggota fungsi hanya mengerjakan fungsi, wewenang dan tanggung jawabnya saja sesuai yamg telah digariskan.

Para manajer fungsi bertanggung jawab mengawasi bawahannya sesuai dengan fungsinya, namun dapat juga memerintah ke bagian lain sepanjang masih memiliki kewenangan.

Adapun kebaikan dari bentuk organisasi ini, yaitu :

§  Pembagian tugas jelas.

§  Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan dimaksimalkan.

§  Masing – masing fungsi dipegang oleh para ahli.

Adapun keburukan dari bentuk organisasi ini, yaitu :

§  Karyawan dapat menerima perintah dari beberapa atasan.

§  Tidak ada kesatuan perintah.

§  Makin merasa bahwa dirinya seorang ahli akan sulit untuk untuk bekerja sama.

·       Organisasi Matrix

Organisasi ini adalah bentuk organisasi dimana perusahaan biasanya mengerjakan 2 pekerjaan, yaitu pekerjaan dasar dan pekerjaan – pekerjaan tertentu. Batas toleransi pekerjaan yang singkat dalam perusahaan besar maka bentuk matrix inilah yang paling cocok digunakan.

Alasan lain dari penggunaan bentuk ini adalah untuk menghindari benturan antara pekerjaan dasar dengan pekerjaan – pekerjaan tertentu sehingga kedua pekerjaan tersebut dapat selesai dengan baik. Didalam bentuk matrix terjadi hubungan anatar berbagai fungsi, misal Perusahaan sepatu yang aktivitas dasarnya adalah memproduksi sepatu menerima pesanan yang harus selesai dalam waktu tertentu dengan jumlah tertentu. Agar kedua pekerjaan tersebut dapat selesai dengan baik maka bentuk matrix ini yang akan digunakan.

Adapun kebaikan dari bentuk organisasi ini, yaitu :

§  Adanya aktivitas lain yang dikerjakan tanpa menggangu aktivitas dasar.

§  Mendorong inovasi dan kreativitas karyawan.

§  Mendorong munculnya cara – cara baru, bentuk penyelesaian baru, dan semangat kerja positif.

Adapun keburukan dari bentuk organisasi ini, yaitu :

§  Munculnya konflik antara fungsi dan karyawan.

§  Hanya organisasi tertentu yang dapat memakai bentuk ini.

§  Dapat mengganggu aktivitas dasar.

§  Biaya mahal.

§  Terdapat lebih dari satu atasan.

·       Organisasi Komite

Organisasi ini adalah bentuk organisasi dimana komite adalah kelompok formal yang menggantikan para manajer di dalam struktur organisasi. Anggota komite berasal dari berbagai tingkatan manajemen. Anggota komite memiliki wewenang dan tanggung jawab sehingga semua keputusan organisasi dipelajari dan dievaluasi oleh anggota komite. Bentuk ini sangat sesuai untuk organisasi yang sangat perlu sikap hati – hati dari berbagai sudut pandang, misalnya BATAN, Organisasi Antariksa.

Adapun kebaikan dari bentuk ini, yaitu :

§  Keputusan yang diambil lebih baik karena melalui rapat yang mendalam.
§  Keputusan yang diambil merupakan keputusan bersama ( obyektif ).

§  Hati – hati dan seksama.

§  Terdiri dari para ahli.

Adapun keburukan dari bentuk ini, yaitu :

§  Keputusan yang diambil lama.

§  Kadang pendapat akhir berasal dari anggota komite yang dominan.

§  Keputusan kadang kurang efektif karena kompromi.

5.   Sebutkan dan jelaskan konsep – konsep inti pemasaran menurut Phillip Kotler!

Jawab :

Ada 7 konsep – konsep inti pemasaran menurut Phillip Kotler, yaitu:

Ø  Kebutuhan

Kebutuhan adalah konsep paling pokok yang melandasi pemasaran. Kebutuhan adalah segala sesuatu keadaan perasaan yang harus dipenuhi karena jika tidak dipenuhi akan menderita ( mati ) seperti makan, minum, dan pakaian.

Ø  Keinginan

Keinginan adalah kebutuhan yang dibentuk oleh budaya, dan sikap pribadi seseorang, seperti misalnya orang Indonesia makan nasi.

Ø  Permintaan

Permintaan adalah kebutuhan atau keinginan manusia yang didukung daya beli.

Ø  Produk

Produk adalah alat pemuas kebutuhan, keinginan, dan permintaan.

Ø  Pertukaran

Pertukaran adalah kegiatan untuk mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.


Ø  Transaksi

Transaksi adalah bentuk pertukaran yang lebih luas dimana ada nilai – nilai, syarat – syarat, kesepakatan, waktu dan tempat kesepakatan.

Ø  Pasar

Pasar adalah kumpulan pembeli nyata ataupun pembeli potensial. Pasar timbul disekitar produk ( barang / jasa ) yang bernilai, seperti Pasar tenaga kerja,  Pasar Uang, Pasar Mobil, Pasar HP,dll.

6.   Sebutkan dan jelaskan konsep – konsep Manajemen Pemasaran!

Jawab :

Ada 5 konsep dalam Manajemen Pemasaran, yaitu :

·       Konsep Produksi

“ Konsumen akan menyukai produk – produk yang murah, jumlah atau variasi banyak serta mudah dijangkau.”

Sikap Manajemen menyikapi hal diatas adalah melakukan efisiensi produk dan distribusi.

·       Konsep Produk

“ Konsumen akan senang dengan produk yang bermutu, penampilan baik dibandingkan dengan produk lain.

Sikap Manajemen menyikapi hal diatas adalah melakukan perbaikan – perbaikan pada produk secara terus menerus.

·       Konsep Penjualan

“ Konsumen tidak membeli produk karena tidak ada manfaatnya.”

Sikap Manajemen menyikapi hal diatas adalah melakukan promosi dan teknik penjualan yang baik sehingga mampu menarik minat pembeli.



·       Konsep Pemasaran

“ Untuk mencapai sukses maka harus melakukan kegiatan – kegiatan yang lebih baik dibandingkan para pesaing.”

·       Konsep Pemasaran Kemasyarakatan

“ Tujuan pemasaran bukan hanya untuk memuaskan kebutuhan, keinginan maupun permintaan saja tetapi ada hal yang lebih penting yaitu, bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.”

7.   Jelaskan pengertian Pemasaran!

Jawab :

Pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Pemasaran juga merupakan pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

    Pemasaran meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan kegiatan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun pembeli potensial.

8.   Sebutkan dan jelaskan tujuan sistem Pemasaran!

Jawab :

Ada 4 tujuan sistem pemasaran, yaitu :

·       Memaksimalkan konsumsi

Dengan meningkatkan konsumsi maka meningkat pula faktor produksi sehingga terciptanya peluang besar kesempatan kerja karena membutuhkan banyak tenaga kerja. Dengan terciptanya lapangan pekerjaan mampu memberika kemakmuran kepada masyarakat.

·       Memaksimalkan kepuasan konsumen

Dengan memberikan pelayan serta barang yang berkualitas maka kita mampu meningkatkan kepuasan konsumen.
·       Memaksimalkan pilihan

Memaksimalkan pilihan artinya adalah tersedianya aneka ragam produk dari segi jumlah, variasi, harga, mutu, sehingga mampu menciptakan banyaknya pilihan.

·       Memaksimalkan kualitas hidup

     Banyakbarang atau jasa yang bermutu tinggi yang mampu memberikan manfat bagi kelangsungan hidup umat manusia.